Kamis, 16 Februari 2012

Berpusing-pusing seputar JogLoSemar

Agenda saya selama dua minggu terakhir adalah : mengurus perizinan penelitian skripsi!
Pertamanya saya kira penelitian saya bakalan gampang banget, tinggal ngikut Posyandu, nimbang n ngukur balita, kelar deh. Ternyata eh ternyata, ga se-simple itu Chuy..Allah punya skenario lain yang leeeebiiiiih indah :))

Berbekal surat pengantar dari fakultas, berangkatlah saya menuju Ngayogyokarto Hadiningrat bareng Jundi. 
Tujuan awal: ke BAPPEDA Bantul. Eaa..ga tau dimana sebenarnya, cuma inget jalan ke bantulnya aja. Untung ada Google Map di hape, alhamdulillaah nyampe walaupun pake 2x thowaf dulu. Nyampe BAPPEDA, ternyata syarat masih kurang lengkap, harus ke Bakesbangpolinmas Jawa Tengah. Namanya belibet yak? Bingung sih, apa gitu singkatannya.. hasil gugling menyatakan, Bakesbangpolinmas adalah Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat.. Widiih.. Heroik banget ya namanya.. Nah, untuk Provinsi Jawa Tengah, kantornya ada di Semarang. Tepatnya di Jalan A.Yani 160.
bakesbangpolinmas jateng

Dua hari kemudian,, lagi2 setelah surat pengantarnya jadi, cabut deh ke Semarang. Tapi kali ini naek bis, secara tiga jam jaraknya Solo-Semarang, ga kuat kayaknya kalo motoran. Lagian berdasarkan narasumber, jarak kantornya ga jauh kok dari tempat bisnya berhenti. Nekat banget tuh waktu berangkat, dari Solo udah jam 11 siang, dan di jalan ada dua titik macet karena ada bis dan truk yang nggelimpang di tengah jalan. Ya Allah,, dalem hati udah H2C banget tuh, gimana kalo sampe sana kantornya udah tutup. Tapi alhamdulillah, sekali lagi Allah menunjukkan kemurahan hatiNya.. Sampe kantornya, dalam kondisi basah (untung ga kuyup) jam 3 lewat 5 menit. Masih buka!! Sesuatu banget.. Langsung dilayanin dan cuma butuh waktu sekitar 15 menit sampe suratnya jadi.


Jam menunjukkan pukul 15.30 waktu itu, galau karena belom solat dzuhur juga.. Masya Allah.. Nyari mesjid uda kayak orang ilang di Semarang, soalnya jadi satu2nya pejalan kaki di jalan itu. Pas banget ama lagunya Ayu Ting-Ting (agak digubah dikit) "ke sana kemari mencari masjid, namun tak kutemui juga masjidnya..." Aha! Kenapa ga tanya Pak Polisi aja? Well, ternyata pengarahan pak polisinya juga tak banyak membantu. Apa karena emang di Semarang ini ga begitu banyak ya masjidnya, Padahal kalo jalan-jalan di Solo atau Jogja, gampang kalo mau cari masjid. Tau ga akhirnya "nemu" masjid dimana? Di markas salah satu parpol terbesar yang menggunakan merah hitam sebagai warna partainya. Hahaha.. Berasa asing sendiri di sana, apalagi dengan kostum yang waktu itu ga sengaja pake item-kuning.. Untung ga kenapa2^^

Selesai dari Semarang, harus balik ke jogja lagi, ke Kesbanglinmas Provinsi DIY. Di sini ga bisa langsung jadi, harus nginep dulu semalem suratnya. Trus ke Sekretariat Daerah Provinsi DIY. Subhanallah, baru pertama kali itu saya ke Gubernuran, fabulous! Taman2nya rapiiiii banget, udaranya sejuk, trus berasa banget "jogja"nya.. Di sini juga ketemu saudara2 senasib yang lagi ngurus izin penelitian. Dapet dua kenalan yang lupa nanyain namanya (namanya bukan kenalan ya kalo gitu mah), yang sama2 dari Sumatera. Yang satu cowok, dari Lampung, satunya lagi cewek, dari Riau. Tukang fotokopiannya juga ramah, padahal kesan pertama pas liat bapaknya serem, merengut gitu. Don't judge the book by its cover sodara2..

Habis itu, langsung capcus ke Bantul. Karena udah apal alamat kantornya, ga butuh waktu lama untuk sampai ke sana. Jadilah sesiangan itu saya habiskan untuk mengurus surat-surat ke Kantor Bupati Bantul, Kantor Dinas Kesehatan Bantul, dan Kantor Kesbanglinmas Bantul. Jaraknya ga jauh2 amat kok, paling 10 menit kalo naik motor, udah plus nungguin traffic lightnya.. Pulangnya, mengisi perut dulu di warung spesial sambal favorit saya, di Jalan Bantul. Bener2 deh, pantat hari itu rasanya pegeeell banget. Tapi seneng, soalnya bisa liat pemandangan yang bagus2 sepanjang jalan. Bisa menghirup udara segar di daerah perifer. Bisa ketemu sama orang2 penting yang memegang birokrasi daerah.

Besoknya, perjalanan masih belum berakhir. Perizinan yang untuk daerah Sleman belum Fren,, jadi siklusnya kembali seperti kemaren, cuma beda lokasi. Ke Bappeda Sleman dulu, trus ke kantor kesbanglinmas, Dinkes, and Kantor Bupati. Oiya, kalo di bantul kemaren cuacanya cerah, di Sleman ini hujan deras yang menjadi saksi.. Untungnya, di sini kantor2 tersebut dan juga kantor2 pemda lain jadi satu kompleks, jadi nyarinya gampang. Pulangnya kulineran lagi, ke jejamuran. Lumayan deket dari kantor2 tadi, sekitar sekilo doang ke timur.

Pelajaran penting lainnya adalaah.......narciss itu perlu.. soalnya tadi salah satu syarat perizinannya harus menyerahkan dua lembar pas foto. Nah looo.. Gue ga bawa! Di Solo semua tuh pas foto satu paket. Astaghfirullah.. Jadi menyesal kenapa ga nyimpen foto di dompet. Dulu sih selalu, tapi sejak ganti dompet jadi males, wong jarang juga dibutuhin. Akhirnya mencari cara buat me-make over foto narciss di hape biar jadi semirip mungkin dengan pas foto..hahaha. Dan petugas Bappeda nya ga merhatiin, syukurlah.. Bagaimana menurut anda? hehehe
Before
After


Sekian edisi JogLoSemarnya..
C U in my next exploration^^








Tidak ada komentar:

Posting Komentar